Selamat datang di blog Cara Beternak dan Budidaya, Silahkan cari artikel yang anda butuhkan dengan mengetikan keyword di kotak pencarian

Meskipun banyak pihak yang mengkhawatirkan kelangsungan kualitas genetik ayam hasil persilangan tersebut, namun tampaknya para peternak tidak begitu mempermasalahkannya. Kehadiran ayam-ayam hasil persilangan justru dinilai sebgai alternatif yang paling cepat, tepat dan menguntungkan untuk menggerakkan bisnis peternakkanya. Apalagi hinga saat ini, produktivitas dan kualitas telur ayam tersebut masih tinggi dan bahkan tidak berbeda dengan telur ayam arab asli.
Hal inilah yang menyebabkan perkembangan ayam arab hasil persilangan relatif lebih cepat dibandingkan ayam arab asli. Pengamatan lapangan menunjukkan bahwa populasi ayam arab hasil persilangan jauh lebih banyak aripada ayam arab asli. Diperkirakan pula, dalam jangka waktu yang panjang, jumlah peternak ayam arab hasil persilangan akan terus berkembang pesat, bersaing dengan jumlah peternak yang tetap konsisten mengembangkan ayam arab asli.
Ayam arab asli atau palsu Namun sayangnya, ada peternak atau pedagang nakal yang justru memanfaatkan kondisi ketidaktahuan masyarakat tentang ayam arab tersebut sebagai peluang bisnis yang sangat menguntungkan baginya. Mereka mencampuradukkan ayam arab asli dengan ayam arab hasil persilangan, sehingga pasar ayam arab yang baru berkembang terkacaukan.




Sehingga jika tidak berhati-hati dalam membeli, maka para pembeli awam yang belum tahu tentang ciri-ciri atau karakter fisik ayam arab secara pasti akan dapat terjebakuntuk membeli ayam arab asli tapi palsu.

Beberapa jenis ayam arab hasil persilangan memang menunjukkan karakter fisik yang tidak jauh berbeda dengan ayam arab asli. Sehingga sulit bagi peternak pemula untuk membedakan antara ayam arab asli dengan ayam arab silangan. Hingga saat ini, memang belum ada lembaga tertentu yang mampu memberi garansi keaslian dan kemurnian ayam arab. Namun, sudah ada beberapa pengusaha yang merintis untuk memeberikan jaminan keaslian ayam arab, walaupun dengan harga jual yang sangat mahal, sehingga tidak semua peternak sanggup membeliny

0 komentar:

Post a Comment

Contact Person

AVIAN JAYA FARM
Nama        : AVIAN TRENGGONO
Alamat      : Jl. Sukaraya-sukatani, Bekasi
Email         : aviantrenggono@yahoo.com
Hp              : 082137612234
Facebook : Avian Trenggono
Twitter      : Avian_trg
Website      : ternakapaaja.blogspot.co.id

VISITORS

Flag Counter