Selamat datang di blog Cara Beternak dan Budidaya, Silahkan cari artikel yang anda butuhkan dengan mengetikan keyword di kotak pencarian
Kelinci yang baru anda beli sering mati bagaimana perawatannya ??? simak ulasannya...

Selamat datang di blog saya, postingan kali ini mengenai Beberapa hal yang perlu anda pahami dalam memelihara kelinci. Bagi sebagian teman-teman saya ataupun anda yang senang memelihara kelinci, ada beberapa hal yang sangat mendasar untuk menjamin kelangsungan hidup dan kesehatan mereka. sehingga kelinci yang anda pelihara tidak mudah mati. Sebenarnya bukan hal yang sulit untuk memulainya karena pada dasarnya ada 3 hal yang perlu diperhatikan yaitu pakan, kandang, dan air minum.

Berikut cara merawat kelinci bagi pemula:
A.    Makanan kelinci
      hal utama yang perlu diperhatikan dalam merawat kelinci adalah makanan, ya makanan... kenapa makanannya??? Karena makanan/pakan merupakan kebutuhan yang perlu dipenuhi oleh seluruh mahluk hidup di bumi ini tidak lain karena nutrisi dalam pakan akan membentuk proses metabolisme dalam tubuh berlangsung baik sehingga berpengaruh pada keberlangsungan hidup kelinci dan kelinci anda pun tidak mudah mati.
Kasus kematian pada kelinci ini sering terjadi. Entah karena terserang penyakit, kesalahan dalam perawatan, ataupun faktor-faktor lingkungan lainnya. Hal tersebut terjadi karena anda  masih pemula atau baru mengenal kelinci.
Dalam hal makanan kelinci, apa sih makanan kelinci??
Kelinci merupakan hewan herbivora atau pemakan tumbuh-tumbuhan, tapi tidak bisa dipungkiri kelinci juga pemakan segalanya (omnivora) tergantung sifat kelinci tersebut. Tumbuhan yang paling disukai oleh kelinci berupa rerumputan ataupun dedaunan, dari sini kita bisa mengetahui apa makanan utama kelinci. Rumput dan daun merupakan makanan utama mereka, namun anda juga bisa memberikan variasi makanan untuk kelinci kesayangan anda. Seperti mencampurkan buah dan sayur, yang mesti anda ingat adalah gula alami yang terkandung dalam buah tidak terlalu baik untuk kelinci anda. Jadi awasi asupan gula alami pada kelinci anda.
Sayuran itu pasti disukai kelinci tapi ingat bukan sayuran segar banyak orang yang mengira bahwa  jika memberi kelinci sayuran segar itu baik, tetapi hal itu adalah salah besar!!! kenapa karena kandungan air didalam sayur segar yang sangat banyak ini bisa membuat kelinci mengalami diare atau mencret dan berujung pada kematian.
Cara yang benar adalah kalian membeli sayuran apapun itu ditukang sayur pagi hari lalu semuanya di jemur atau dilayukan sampai sedikit berwarna kekuningan, setelah layu baru berikan ke kelinci kesayangan anda, karena kadar air sayuran tersebut sudah menurun. Waktu penyediaanya, letakan sayur-sayuran di dalam tempat pakan secukupnya pada jam 08.00 pagi dan sore hari mulai jam 17.00 sampai malam.
Selain sayuran ada juga pakan kelinci yang lain misalkan anda tidak punya waktu untuk menjemur sayur, anda bisa beli pelet khusus untuk kelinci yang banyak tersedia di supermarket atau petshop tapi harganya mahal sekitar 30ribu atau bisa juga pelet ikan paling banter 10 ribu.
B.     Kandang kelinci
      Kandang adalah hal yang sangat penting dalam pememeliharaan kelinci yang dikandangkan (intensif). Fungsi kandang berguna untuk tempat berlindung kelinci dari segala kemungkinan kondisi lingkungan luar yang bisa mengancam kehidupan kelinci seperti penularan penyakit, suhu dingin, terik matahari dan hewan predator.
Kandang kelinci tersebut hendaknya dibuat senyaman mungkin. Anda perlu menyiapkan sebuah kandang baik berbahan kayu maupun besi dengan ukuran tinggi 50 cm dan lebar 50 cm agar kelinci bisa bermain dan berlarian di dalam kandangnya. Ini untuk menjaga agar kelinci tidak stress yang bisa mengakibatkan berbagai gangguan pada kesehatannya. Dalam kandang tersebut, siapkan tempat pakan, tempat minum dan tempat untuk kelinci beristirahat.
Untuk menjaga kesehatan kelinci pastikan kebersihan kandang. Bersihkan kandang dari sisa-sisa pakan yang tercecer dan kotoran (feses) yang menempel pada lantai kandang. Ada baiknya air kencing kelinci ditampung untuk dijadikan pupuk.
C.     Air
      Semua mahluk hidup membutuhkan air, tidak sekedar air, tapi air yang benar-benar terjaga kebersihannya. Taruh mangkuk atau botol berisi air bersih dalam kandangnya, ini untuk menghindarkan kelinci dari bahaya dehidrasi yang bisa mengancam keselamatannya. Ganti air tersebut seminggu dua kali.

Tips cara merawat kelinci ini di kutip dari beberapa sumber serta ditambah lagi dari pengetahuan penulis.
Semoga tips ini bermanfaat ...

2 komentar:

musyrifin said...

oke om makasih banget infonya. lengkap dan jelas. saya sangat setuju sekali dengan point adanya air, kadang peternak pemula ternakan isu dengan "kelinci jangan dikasih minum" yang bener2 menyesatkan.
==========================
makanan untuk kelinci

Avian Trenggono said...

sama2 om,, thanks udah mau datang ke blog saya..

Post a Comment

Contact Person

AVIAN JAYA FARM
Nama        : AVIAN TRENGGONO
Alamat      : Jl. Sukaraya-sukatani, Bekasi
Email         : aviantrenggono@yahoo.com
Hp              : 082137612234
Facebook : Avian Trenggono
Twitter      : Avian_trg
Website      : ternakapaaja.blogspot.co.id

VISITORS

Flag Counter