Selamat datang di blog Cara Beternak dan Budidaya, Silahkan cari artikel yang anda butuhkan dengan mengetikan keyword di kotak pencarian
Puyuh merupakan salahsatu unggas yang dimanfaatkan sebagai penghasil telur. kebiasaannya hidup di alam yang mudah beradaptasi dengan lingkungan dan peluang pasar yang masih terbuka lebar serta perawatannya yang mudah menjadikan daya tarik untuk dibudidayakan. sifat puyuh yang mudah beradaptasi dengan lingkungan dapat di aplikasikan kedalam sistem pemeliharaan semi intensif maupun intensif, dengan pengaturan manajemen yang tentusaja memerlukan keahlian khusus agar puyuh dapat berproduksi secara optimal.

Peluang usaha budidaya puyuh ini masih sangat terbuka lebar. telur puyuh banyak diminati dan dicari oleh konsumen sebagai bahan olahan masakan dengan kandungan protein yang tinggi yaitu 12-14 %. dengan begitu telur puyuh merupakan makanan yang sehat. terbukanya peluang usaha beternak puyuh ini bisa dibuktikan dari permintaan pasar yang selalu kekurangan pasokan dan belum terpenuhi secara optimal. sehingga kemungkinan besar telur yang kita produksi nantinya bisa terserap oleh pasar dengan mudah.

Usaha budidaya burung puyuh ini boleh dikatakan gampang-gampang susah. karena bagaimana pun puyuh adalah makhluk hidup yang perlu dirawat tidak sekedar memberikan pakan dan minum tetapi juga diperlukan ketelatenan (teliti) dan kasih sayang layaknya memelihara anak sendiri, dikarenakan puyuh tersebutlah yang bisa mengantarkan kita kepada rezeki. perawatan yang juga penting untuk dilakukan adalah kebersihan dan pengendalian penyakit. kandang yang kotor dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit baik virus, bakteri dan parasit. untuk membersihkan kandang puyuh bisa dilakukan dengan mengambil alas kotoran yang terletak dibawah kandang kemudian kotoran dibuang ke kolam ikan atau bisa dijadikan sebagai pupuk organik.

Pencegahan penyakit puyuh bisa dilakukan dengan program vaksinasi yang ketat dan penanganan pascainfeksi penyakit dengan karantina dan perawatan intensif. puyuh yang sakit perlu dipisahkan dari populasi. tujuan puyuh dikarantina adalah untuk mencegah terjadinyya penularan penyakit yang lebih besar. pengobatan dan perawatan puyuh yang sakit ini tidak menghabiskan banyak biaya tidak seperti pengobatan pada ayam maupun unggas lainnya karena obat yang dipakai jumlah dan dosisnya lebih sedikit jadi biaya yang dikeluarkan lebih murah.

Pengalaman beternak seseorang juga menentukan keberhasilan peternakan kita menjadi berhasil. sebelum kita beternak secara komersil dengan sistem intensif ada baiknya kita ikut kemitraan terlebih dahulu, karena disamping membutuhkan modal yang lebih kecil kita juga akan diberikan training atau pelatihan bagaimana melakukan manajemen pemeliharaan puyuh yang benar.

Keunggulan yang telur puyuh selain itu harga telur yang relatif lebih murah dari unggas lainnya seperti ayam atau itik juga merupakan peluang yang sangat menarik untuk dibudidayakan. produksi telur puyuh rata-rata yaitu 250-300 butir/tahun. telur yang dihasilkan kemudian dijual dan dipasarkan baik dari peternak langsung ke konsumen maupun ke pengepul.

Itulah prospek usaha ternak puyuh yang umumnya masih terbuka lebar jadi perlu kita manfaatkan sebaik-baiknya, asalkan kita mau teliti dan sabar dengan keyakinan penuh usaha yang kita jalani akan terlaksana dengan baik dan keuntungan yang diperoleh juga maksimal,
Terimakasih, Semoga bermanfaat.. 

0 komentar:

Post a Comment

Contact Person

AVIAN JAYA FARM
Nama        : AVIAN TRENGGONO
Alamat      : Jl. Sukaraya-sukatani, Bekasi
Email         : aviantrenggono@yahoo.com
Hp              : 082137612234
Facebook : Avian Trenggono
Twitter      : Avian_trg
Website      : ternakapaaja.blogspot.co.id

VISITORS

Flag Counter