Selamat datang di blog Cara Beternak dan Budidaya, Silahkan cari artikel yang anda butuhkan dengan mengetikan keyword di kotak pencarian
Kali ini saya akan memberikan penjelasan tentang penyakit unggas CRD atau ngorok/cekrek yang sering menyerang ternak kita khususnya pada ayam broiler. Ayam broiler sangat rentan terhadap penyakit ini karena sistem kekebalan tubuhnya lebih rendah dari unggas lainnya... langsung saja simak ulasannya ...
Penyakit ngorok atau Chronic Respiratory Disease (CRD) komplek adalah penyakit yang populer pada peternakan ayam broiler maupun petelur karena pengobatannya yang sulit dan menyebabkan kerugian yang besar dengan rendahnya pertumbuhan, tingginya FCR, dan tingginya mortalitas (angka kematian).
Ngorok atau CRD merupakan salah satu penyakit yang menyerang saluran pernafasan sehingga kualitas udara harus benar-benar dijaga. Untuk menghindari penyakit ini lingkungan kandang harus bersih segar dan tidak pengap dan tidak lembab, kepadatan kandang harus menjadi perhatian agar sirkulasi udara lancar, suhu kandang dapat menyebabkan berkurangnya nafsu makan, memilih bibit unggul yang sudah terpercaya, menyediakan air minum yang bersih, melakukan biosecurity kandang dan sekitarnya, memberikan suplemen yang mempercepat respon pengobatan.
Salah satu cara mencegah ngorok / cekrek pada ayam anda adalah menghilangkan sumber terjadinya ngorok seperti yang telah diuraikan diatas, ada juga Cara mengatasi penyakit CRD dengan memberikan suplemen untuk meningkatkan imunitas (pertahanan tubuh) untuk melawan infeksi penyakit serta mencegah masuknya penyakit serta mencegah masuknya penyakit lainnya saat kondisi ayam lemah.
Akan tetapi jika kita hanya memfokuskan diri pada upaya pengobatan saja tanpa berusaha mencari sumber masalah maka bersiap-siaplah untuk musibah yang lebih besar yaitu kejadian CRD yang berulang setiap periode pemeliharaan dan resistensi antibiotik. Untuk meningkatkan imunitas unggas yang anda pelihara bisa menggunakan obat-obat yang dijual di pasaran baik alami maupun kimia atau kita meracik sendiri obatnya. Setiap peternak pasti sudah memiliki resep rahasia sendiri-sendiri.

0 komentar:

Post a Comment

Contact Person

AVIAN JAYA FARM
Nama        : AVIAN TRENGGONO
Alamat      : Jl. Sukaraya-sukatani, Bekasi
Email         : aviantrenggono@yahoo.com
Hp              : 082137612234
Facebook : Avian Trenggono
Twitter      : Avian_trg
Website      : ternakapaaja.blogspot.co.id

VISITORS

Flag Counter