Selamat datang di blog Cara Beternak dan Budidaya, Silahkan cari artikel yang anda butuhkan dengan mengetikan keyword di kotak pencarian
Pada umumnya usaha peternakan unggas diindonesia masih belum optimal dalam memenuhi kebutuhan pasar. Hal ini dikarenakan masih minimnya pengetahuan masyarakat akan prospek pengembangan dan daya serap pasar yang masih terbuka lebar. Dikota-kota besar diindonesia banyak  berdiri restoran-restoran yang menyediakan berbagai masakan yang berasal dari daging ayam kampung, contohnya ayam kampung goreng, ayam bakar, sate ayam kampung ayam kampung rica-rica dsb.

Berdasarkan statistik data tahun 2013 yang sumbernya dari www.bps.go.id, jumlah tingkat kebutuhan ayam kampung di 33 provinsi di indonesia masih sangat tinggi mencapai 319599 ekor. Dari angka tersebut sebagian besar peternakan belum mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Sementara kebutuhan itu akan selalu meningkat setiap tahunnya, karena masyarakat saat ini sudah mulai sadar akan kebutuhan gizi dan tingkat pendapatan rata-rata masyarakat meningkat serta gengsi mengkonsumsi daging unggas (ayam kampung, ayam ras/broiler dan itik) juga meningkat. Hal ini yang mendorong konsumsi produk ternak unggas menjadi banyak peminatnya.

Harga jual daging dan telur yang sangat terjangkau oleh semua kalangan msyarakat, membuat produk unggas lebih diminati jika dibandingkan dengan produk asal ternak besar seperti kambing dan sapi. Disamping itu produk asal unggas seperti ayam kampung memiliki manfaat baik bagi tubuh. Kandungan protein yang cukup, dan kolesterol yang rendah menjadikan makanan ini lebih sehat.

Jika dilihat dari perawatannya ayam kampung sangat mudah dilaksanakan dan fleksibel dalam sistem pemeliharaannya mulai dari yang intensif (terkurung), semi intensif (terkurung dengan halaman yang dibatasi pagar) sampai yang ekstensif (umbaran, mencari makan di alam).tergantung bagaiana kita memulai usaha tersebut mau dari bawah dengan modal 5-10 ekor indukan atau langsung memelihara 10 ribu ekor dengan modal yang agak besar namun keuntungannya juga akan semakin besar dantentunya pendapatan lebih besar dari pengeluaran.

Demikianlah rospek beternak ayam kampung semoga kita terpacu untuk mengembangkan usaha ternak ayam kampung dengan skala besar dan menjadikan ayam kampung sebagai tuan rumah dinegeri sendiri...

lanjut ke posting berikutnya  (Pemilihan bibit (indukan) ayam buras yang baik)

0 komentar:

Post a Comment

Contact Person

AVIAN JAYA FARM
Nama        : AVIAN TRENGGONO
Alamat      : Jl. Sukaraya-sukatani, Bekasi
Email         : aviantrenggono@yahoo.com
Hp              : 082137612234
Facebook : Avian Trenggono
Twitter      : Avian_trg
Website      : ternakapaaja.blogspot.co.id

VISITORS

Flag Counter