Selamat datang di blog Cara Beternak dan Budidaya, Silahkan cari artikel yang anda butuhkan dengan mengetikan keyword di kotak pencarian

Asalamualaikum,, topik yang akan dibahas kali ini adalah apa perbedaan istilah ayam joper, ayam kampung asli dan ayam buras. karena saya melihat masih ada beberapa pertanyaan di grup sosial media yang menanyakan hal tersebut nah berikut adalah penjelasannya.

yang pertama yaitu persamaan dari asal kata dan penyebutan, Ayam JOPER itu sama dengan ayam KAMPER. joper adalah singkatan dari jowo super berasal dari sebutan di daerah jawa atau ada juga beberapa daerah yang menyebut dengan ayam kampung super (KAMPER). Kata super disini bisa di artikan sebagai ayam jawa/jowo/kampung yang pertumbuhan bobot badannya cepat. Super bisa diartikan juga sebagai kepanjangan dari singkatan SUdah PERsilangan. ayam yang disilangkan ini biasanya diatur oleh manusia (ada campur tangan manusia dengan cara inseminasi buatan.

Ayam yang dikawinkan bukan ayam yang sembarangan, yang jelas kedua tetua/bibit berasal dari ayam yang mempunyai keunggulan pertumbuhan bobot badan yang cepat. Ayam yang disilangkan adalah  ayam kampung asli atau  ayam bangkok yang dikawinkan dengan ayam broiler baik dengan cara inseminasi atau kawin alam. mengapa menggunakan ayam bangkok?? Karena sifat fisik ayam bangkok yang mempunyai tubuh besar dan kuat baik untuk kontes adu atau kuat dalam adaptasi dengan lingkungan. Sehingga menghasilkan keturunan dengan genetik yang sama dengan tetuanya (bibit).

Ayam buras sama dengan ayam kampung, ayam kampung adalah ayam yang dipelihara secara diumbar/diliarkan (ekstensif) dengan tidak adanya perhatian/perawatan khusus (diberi pakan seadanya, mencari pakan dialam) dan tidak dipelihara secara massal untuk tujuan komersial. Ayam kampung sudah pasti ayam buras tetapi ayam kampung berbeda dengan ayam buras, sebutan ayam buras berawal dari dilakukannya program pengembangan, pemurnian, dan pemuliaan beberapa ayam lokal unggul, saat ini dikenal pula beberapa ras unggul ayam kampung, nah untuk membedakannya dikenal istilah ayam buras singkatan dari ayam bukan ras, untuk ayam kampung yang telah diseleksi dan dipelihara dengan perbaikan teknik budidaya (tidak sekadar diumbar dan dibiarkan mencari makan sendiri) (wikipedia). 

Ayam kampung asli adalah ayam yang hidup dipelosok-pelosok, disekitar rumah, bukan berasal dari galur atau ras yang dihasilkan untuk tujuan komersial.

itulah penjelasan yang bisa saya jelaskan sepengetahuan saya, jadi sekarang kita tahu perbedaannya, jika ada kritik dan saran silahkan tulis dikotak komentar.

3 komentar:

Unknown said...

Postur ayam joper gan sperti apa?

EvaniaFlo said...

Sering Kalah Bermain Poker atau Permainan Lain?? Butuh Konsultasi Seputar Poker atau Permainan Lain Agar Menang Terus??
Dapatkan Trik dan Tips Jitu dari Donaco Poker...
Cukup Daftar menjadi Member saja..!!
Pendaftaran Gratis!!
Dapatkan Info Freechip Terbaru Dari Donaco Poker..

Ayo segera bergabung dan dapatkan tips-tips menang dari kami
Tips Jitu Poker

Nikmati juga kemudahan dalam bertransaksi menggunakan OVO Pay Donaco Poker...

Dapatkan Juga
- Bonus Deposit 15% New Member Weekend.
- Bonus Deposit 10% Next Deposit Weekend.
- BONUS DEPOSIT HARIAN 5%
- BONUS ROLLINGAN MINGGUAN 0.5%
- BONUS KEJUTAN LAINNYA

Hubungi Kami Secepatnya Di :
YM : Cs.Donacopoker
BBM : DONACOPOKER
LINE : Donaco.poker
WHATSAPP : +6281333555662
WECHAT : Donacopoker

susuultra019 said...

Jadwal 30 Mei Sabung S128

Post a Comment

Contact Person

AVIAN JAYA FARM
Nama        : AVIAN TRENGGONO
Alamat      : Jl. Sukaraya-sukatani, Bekasi
Email         : aviantrenggono@yahoo.com
Hp              : 082137612234
Facebook : Avian Trenggono
Twitter      : Avian_trg
Website      : ternakapaaja.blogspot.co.id

VISITORS

Flag Counter